Halaman

Senin, 10 Mei 2010

PALMAS TAMBANG

Erpetoichthys calabaricus atau istilah indonesianya palmas,biarpun palmas ada banyak jenis tapi orang awam menyebutnya palmas.Di indonesia sendiri palmas jenis ini disebut ropefish / palmas tambang.dari jenis palmas lain sepertinya ini jenis yang paling kecil panjang seperti tali/tambang seperti ular juga.

Ikan ini dapat ditemukan di Afrika Barat, dengan habitat alam yang membentang dari Nigeria river Kongo river kamerun.panjang maximal ikan ini 90 cm dialam liar.palmas tambang hidup pada air bersuhu 22-28 ° C,pH 6,5-7,5,dan sama seperti spatula arapaima gabus dll ikan ini bisa mengirup udara langsung.sepertinya semua jenis palmas adalah binatang nokturnal (aktif dimalam hari/diwaktu gelap).

Masalah pakan ikan ini bisa diberi cacing beku/ikan_ikan kecil yang muat dimulutnya.kalo bisa pakanya dibuat tenggelam dia akan mencari dengan mengendus aroma ikan.

Pengaturan akua untuk palmas ini adalah dengan dasar pasir_pasiran dan batuan kecil dan diberi kayu_kayuan akar_akaran atau batu berrlubang/goa untuk tempat persembunyianya.Biarpun makan ikan/cacing/serangga tapi ikan jenis ini termasuk tidak galak dan agresif.

Photobucket
Photobucket
Photobucket

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar