Halaman

Minggu, 09 Mei 2010

GIANT MEKHONG CATFISH

Giant mekhong catfish a.k.a Pangasianodon gigas adalah jenis catfish raksasa yang bisa tumbuh sepanjang 3.2 meter dan berat 350kg lebih.Pada umur 5/6 tahun ikan ini bisa tumbuh 150-200kg.ditempat asalnya (yang berhasil tercatat) ada yang pernah menangkap ikan ini 2,7meter (9kaki) dengan berat 279kg.
Untuk Membedakan ikan ini dengan patin biasa ketika masih anakan memang susah.Ini sedikit ciri_cirinya=>
Duri punggung (total): 2,jari lunak sirip punggung (total): 7 - 8,Sirip dubur lunak, Tubuh tanpa garis,lubang hidung bagian belakang terletak di dekat lubang hidung anterior,bercabang-jari sirip punggung, tulang saring insang dasar atau tidak,kelabu sirip, tidak pernah hitam. Pusat mata di atas garis horizontal melalui sudut mulut pada remaja,mata benar-benar di bawah tingkat sudut mulut di subadults dan dewasa. Pasangan maksilaris dan mandibulary dari cuping berkembang baik di remaja,sungut mandibulary menjadi dasar dalam subadults dan dewasa. Ukuran raksasa,gigi dan tulang saring insang oral hadir di muda kecil, tidak ada sekitar 30-50 cm SL,punggung, sirip perut dan dada tanpa ekstensi berserabut. Dibedakan dari lele besar lainnya di Mekong oleh ketiadaan gigi dan tidak adanya hampir lengkap sungut.

Ditempat asalnya (sungai mekhong vietnam) ikan ini dilindungi karena sudah terancam punah karena penangkapan yang berlebihan dan pembendungan hulu disungai.

Photobucket
Photobucket
Photobucket

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar