Halaman

Sabtu, 08 Mei 2010

ATRACTOSTEUS SPATULA a.k.a ALLIGATOR GAR

Atractosteus spatula atau alligator garr sering disebut spatula ataupun ikan alligator diindonesia,adalah monster yang sesungguhnya ikan primitif ini berkepala mirip buaya dan cara makanya juga menyerupai buaya apa saja yang mengandung daging pasti dilahap habis.Spatula adalah jenis gar terbesar perbedaan mencolok terdapat pada moncong yang pendek,kokoh,besar dan rahang atasnya memiliki baris gigi besar ganda warna tubuh gar asli hitam tapi dipasaran juga ditemukan kecoklatan (mungkin hasil silang),perbedaan lain yaitu pada nafsu makan ikan yang sepertinya tidak pernah kenyang dan pertumbuhanya yang bisa dibilang sangat cepat.

Rekor dunia mancing ikan dari amerika utara ini adalah 127 kg(yang ditangkap dengan teknik mancing),sedangkan dengan teknik bowfishing adalah 166 kg.Menurut sumber ikan ini bisa bertahan di darat sekitar 2 jam.

Dipasaran jakarta ikan ini untuk ukuran +-30 cm biasa dijual dengan harga 100-150 ribu,sebenarnya spatula adalah jenis ikan larangan karena tidak boleh dilepaskan disungai indonesia,ditakutkan akan mengganggu kestabilan ekosistem alami sungai/danau di sini.Tapi pernah juga dimedia terdengar kabar ada masyarakat yang menangkap/menemukan ikan ini di alam liar,bahkan ada juga yang mengeramatkan ikan ini (karena menganggap ikan jadi-jadian) itu sebenarnya karena ketidaktahuan mereka saja.

Penyebaran alami ikan ini ditemukan di Mississippi River Valley dan Pantai Teluk negara bagian Amerika Serikat dan Meksiko tenggara sampai selatan

Jika anda mau memelihara ikan ini pastikan siap untuk membeli makanya kalo ukuranya sudah diatas 1meter pasti makanya lebih mahal dari harga ikanya dan pastikan juga tempat untuk memelihara butuh kolam/paludarium yag besar,pastikan juga tempatnya terlindung dari anak kecil.

Ikan ini berenang di zona atas dan setiap beberapa menit mengambil nafas dari udara

Photobucket
Photobucket
Spatula with arapaima
Photobucket

Dari berbagai sumber :)

8 komentar:

  1. Hehew,,, ane punya 7 mati semua,,,

    BalasHapus
  2. gw ada 2 biji, baru beli, dan 2 biji lg udah lama beli, ada shortnose gar n' Alligator gar

    BalasHapus
  3. Saya punya 4 tp masi keci2 ukuran sekirat ±30cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aligator putih kah bang?lok mna?

      Hapus
  4. pengen sama arapaima gigas :D

    BalasHapus
  5. Ada yang jual arapaima daerah BALI gk ?? Kalau ada hubungi nomer ini yang serius 089 657 896 557 . Saya tinggal di nusa dua bali.

    BalasHapus